meta charset='utf-8'/> Mengkudu, tak dianggap tapi kaya manfaat | Maca Artikel

Mengkudu, tak dianggap tapi kaya manfaat

Diposkan oleh On 9:44:00 AM


Mengkudu, nama tanaman ini mungkin sudah tidak asing di telinga kita, mengkudu atau lebih dikenal dengan nama pace memang sering kita jumpai dengan mudah di sekeliling kita. Baunya yang khas sering kali membuat buah ini hanya dianggap sebelah mata oleh kebanyakan orang, padahal dibalik bau khas nya ternyata tersimpan sejuta manfaat yang berguna bagi kesehatan,berikut adalah uraian singkat tentang manfaat buah mengkudu.

Mengkudu (Morinda citrifolia) atau lebih dikenal dengan nama pace termasuk jenis kopi kopian.Tanaman ini dapat tumbuh di dataran rendah, sampai pada ketinggian tanah 1500 dpl. Mengkudu merupakan tumbuhan asli Indonesia, tumbuhan ini memiliki batang tidak terlalu besar dengan tinggi pohon 3-8 m. Daunnya bersusun berhadapan, panjang daun 20-40 cm dan lebar 7-15 cm. Bunganya berbentuk bunga bongkol yang kecil kecil dan berwarna putih. Buahnya berwarna hijau mengkilap dan berwujud buah buni berbentuk lonjong dengan variasi totol totol. Bijinya yang kecil kecil banyak terdapat di dalam daging buah. Tumbuhan ini tumbuh secara liar di hutan hutan atau dipelihara orang –orang di sekitar rumah mereka.
manfaat buah mengkudu


Manfaat mengkudu bagi kesehatan

Dari sebuh penelitian didapat hasil bahwa mengkudu dapat melancarkan kinerja berbagai kelenjar yang ada di dalam tubuh, membantu meningkatkan proses penyerapan nutrisi, mempercepat pertumbuhan sel, dan mengobati berbagai macam penyakit.  mengkudu dipercaya dapat mengatasi berbagai penyakit dan berperan sebagai adaptogen yang menyeimbangkan fungsi tubuh, sekaligus mengendalikan rasa sakit, yang berpusat di otak, bagi penderita penyakit jantung sebaiknya menghindari mengkonsumsi buah mengkudu, karena bisa meningkatkan denyut jantung. Buah buni mengkudu yang sudah masak mempuyai aroma yang tidak sedap, namun mengandung sejumlah zat yang berkhasiat untuk pengobatan .


Adapun kandungan zat tersebut antara lain : morinda diol, morindone, morindin, damnacanthal, metal asetil, asam kapril dan sorandiyol. Mengkudu sudah lama dikenal masyarakat berkhasiat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Manfaat buah mengkudu bagi kesehatan

  • Menstabilkan tekanan darah
    Sari buah mengkudu bisa meningkatkan tekanan darah bagi penderita darah rendah, tapi disisi lain bisa menurunkan tensi darah bagi penderita hipertensi, tetapi fenomena ini tidak akan terjadi pada buah mengkudu yang di ekstrak.
  • Menjaga kesehatan jantung
    Perasan daging buah mengkudu memberikan efek menurunkan kekuatan konstraksi otot jantung, menurunkan kecepatan denyut jantung dan meningkatkan jumlah aliran darah koroner jantung setiap menitnya
    .
  • Mengatur keberadaan gula dalam darah
    Mekanisme kerja hipoglikemik melalui hambatan absorsi glukosa pada usus dan meningkatkan sekresi insulin. Jadi buah mengkudu tidak langsung menurunkan kadar gula dalam darah, melainkan meningkatkan insulin yang mengatur keberadaan gula dalam darah.
  • Sebagai antiseptic
    Buah mengkudu juga mengandung antiseptic dan anti bakteri pathogen yaitu eschericia colli, salmonella dan staphylococcus aureus.
  • Menstimulir kekebalan tubuh
    Mengkudu matang mengandung gum arab dan berbagai jenis glukosa yang ounya daya anti tumor dan menstimulir kekebalan tubuh, aerta mengandung senyawa aktif merangsang kelenjar pineal, mengeluarkan serotonin dan endorphin (morphin tubuh), sehingga buah ini sering digunakan dalam terapi narkoba.
  • Menyembuhkan stroke
    Mengkudu berkhasiat untuk membersihkan endapan lemak darah, sehingga dapat menyembuhkan stroke.


Berikut adalah beberapa penyakit yang dapat disembuhkan oleh buah mengkudu, beserta ramuannya.
1. HIPERTENSI
Bahan :
2 buah mengkudu yang sudah masak
 1 sendok makan madu.
Cara membuat:
Peras buah mengkudu dan ambil airnya, kemudian saring. Campur air perasan buah mengkudu yang telah disaring dengan 2 sendok makan madu.
Cara menggunakan : minum ramuan diatas tiap 2 hari sekali secara rutin.
2. SAKIT KUNING
Bahan: 2 buah mengkudu yang sudah masak, gula batu
Peras buah mengkudu , ambil airnya kemudian saring. Campur air perasan buah mengkudu tadi dengan gula batu,
Cara menggunkan : minumkan ramuan tersebut diatas kepada penderita sakit kuning, secara rutin setiap hari.
3. DEMAM
Bahan : 1 buah mengkudu dan satu rimpang kencur
Cara membuat :
Rebus kedua bahan trsebt diatas dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas air, kmudian saring airnya.
Cara menggunakan : minum 2kali sehari pagi dan sore.
4. batuk
Bahan : 1 buah mengkudu dan ½ genggam daun poo
Cara membuat : rebus kedua bahan tersebut dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas, kemudian disaring
Cara menggunakan : diminum 2 kali sehari tiap pagi dan sore.
5. sakit perut
Bahan : 2-3 daun mengkudu
Cara membuat tumbuk halus daun mengkudu, tambah garam, seduh dengan air panas
Cara menggunakan : saring airnya, setelah dingin baru diminum.


Nah, berikut tadi ulasan singkat mengenai manfaat buah  mengkudu dan ramuan herbal dari buah mengkudu untuk mengobati berbagai penyakit, semoga ulasan singkat di atas bisa bermanfaat bagi kita semua.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar: