meta charset='utf-8'/> Tips Mengobati Alergi dengan Obat Herbal | Maca Artikel

Tips Mengobati Alergi dengan Obat Herbal

Diposkan oleh On 11:09:00 PM

Alergi dan Obat Herbalnya
Alergi atau hipersensitif tipe 1 adalah kegagalan kekebalan tubuh seseorang menjadi hipersensitif dalam bereaksi secara imunologi terhadap bahan-bahan yang umumnya imunogenetik atau dikatakan orang yang bersangkutan bersifat atopic. Dengan kata lain,alergi adalah reaksi abnormal tubuh manusia  terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing dan berbahaya. Pada orang yang menderita alergi, tubuhnya bereaksi secara berlebihan pada substansi (allergen). Reaksi tubuh pada orang yang alergi bermacam-macam, diantaranya adalah bersin, hidung berair, terjadi gatal-gatal pada kulit, atau diare, bahkan muntah.Seseorang yang memiliki kulit sensitif sangat mudah terkena alergi. Beberapa tanda yang bisa dikenali di antaranya kulit memerah, muncul ruam-ruam, gatal dan bengkak. Dalam istilah kedokteran, alergi kulit disebut dermatitis kontak alergi. Alergi dapat dipicu oleh beberapa penyebab. Alergen adalah unsur asing yang secara keliru dianggap berbahaya oleh sistem kekebalan tubuh sehingga jika terpapar bisa mengakibatkan reaksi alergi. Alergen hanya berdampak pada mereka dengan alergi.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya alergi


  1.   Menjaga kebersihan lingkungan, baik didalam maupun di luar rumah. Termasuk tidak menumpuk banyak barang di dalam rumah, atau di kamar tidur yang dapat menjadi sarang bertumpuknya debu sebagai rangsangan timbulnya reaksi terhadap timbulnya alergi, termasuk jangan memelihara binatang di dalam rumah atau meletakkan kandang binatang peliharaan di dalam rumah.
  2.   Menjaga kebersihan diri , kebersihan diri harus selalu diperhatikan untuk menghindari menumpuknya daki yang dapat pula menjadi sumber rangsangan terjadinya reaksi terhadap alergi.
  3.  Hindari menggunakan pewangi ruangan ataupun parfum yang memiliki bau menyengat, karena beberapa orang memiliki kecenderungan alergi terhadap bau-bauan yang menyengat.
  4. Awasi setiap makanan atau minuman maupun obat-obatan yang menimbulkan reaksi terhadap alergi , hindari bahan makanan, minuman, dan obat-obatan tersebut, patuhilah aturan diet alergi anda.

Pengobatan herbal mengobati alergi

Alergi pada dasarnya bukan merupakan suatu penyakit, sehingga dengan menghindari penyebab alergi kita pun dapat terhindar dari gejala atau reaksi terhadap alergi. Walaupun begitu, dengan mengkonsumsi resep herbal tertentu gejala alergi dapat ditekan atau mungkin dapat dihilangkan, berikut adalah beberapa resep herbal yang terpercaya dapat menyembuhkan alergi

  1. 10 gram jahe + 100 gram pepaya setengah matang + 50 cc cuka beras putih direbus dengan air secukupnya sampai mendidih, airnya diminum hangat-hangat dan pepayanya dimakan.
  2.  15 gram jahe + 100 gram lobak + 100 gram wortel direbus dengan 600 cc air,hingga tersisa 200 cc, saring airnya minum dalam keadaan hangat.
  3. 15 gram jahe + 100 gram mengkudu/pace matang + 50 cc cuka beras putih direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc, saring airnya minum dalam keadaan hangat.
  4. 10 gram jahe + 15 gram kunyit + 30 gram temulawak + gula aren secukupnya direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, saring airnya minum dalam keadaan hangat.
  5.  2-3 polong buah asam jawa yang telah tua + garam secukupnya + ½  sendok kapur sirih direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih, hingga tersisa 2 gelas. Saring airnya kemudian minum dalam keadaan hangat.
  6.  6 lembar daun sirih + 1 potong jahe kuning + 1 ½ sendok kayu putih, tumbuk sampai halus kemudian oleskan pada bagian yang gatal.


Cara pengobatan, untuk resep no 1-5 minum teratur sehari 2kali.

Konsumsi resep herbal diatas secara teratur supaya didapatkan hasil yang maksimal, dan ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan supaya kita terhindar dari berbagai penyakit.



Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »